Text
PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK
INTISARI
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi, pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Surabaya Rungkut.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Surabaya Rungkut baik wajib pajak pribadi maupun badan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling (sampling insidental) yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan koefisien regresi sebesar 0,213 dan tingkat signifikasi 0,006.Pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan koefisien regresi sebesar 0,160 dan tingkat signifikasi 0,014. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan koefisien regresi sebesar 0,246 dan tingkat signifikasi 0,000.Sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan koefisien regresi sebesar 0,196 dan tingkat signifikasi 0,020.
Kata Kunci: Motivasi, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain