Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN (SIZE), DAN LEVERAGETERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIT (CSR)
INTISARI
Corporate Social Responsibility merupakan bentuk pemahaman perusahaan akanpentingnyatanggung jawab perusahaan dalam meminimalisir efek negatif yang timbul dari segala kebijakan dan aktifitas operasional perusahaan. saat ini perusahaan tidak hanya berorientasi pada laba saja, akan tetapi juga terhadap lingkungan sekitar perusahaan sehingga perusahaan akan tetap bertahan dimasa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Equity, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibilitypada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang diambil adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013 sampai 2016. Total sampel penelitian adalah 12 perusahaan dengan jumlah pengamatan sebanyak 48 yang ditentukan melalui purposive sampling. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasaran hasil analisis dapat disimpulkan bahwa profitabilitas yang diproksikan oleh ROE berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan koefisien regresi sebesar 2,050 dan tingkat signifikan sebesar 0,046, Ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan koefisien regresi sebesar 5,270 dan tingkat signifikan sebesar 0,000dan leverageberpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibilitydengan koefisien regresi sebesar -3,311 dan tingkat signifikan sebesar 0,002. Pada koefisien determinasi (R2) diketahui nilai R square sebesar 0,478 atau 47,8% yang berarti kemampuan variabel profitabilitas, size dan leverage dalam menjelaskan variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility masih rendah.
Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Corporate Social Responsibility.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain