Text
PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR ISLAM SAROJA SURABAYA)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengukuran kinerja organisasi dengan perspektif balanced scorecard pada Sekolah Dasar Islam Saroja Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, karena penelitian ini tidak bertujuan untuk membuktikan hipotesis, tetapi untuk mengungkap suatu fakta dan keadaan yang terjadi pada saat penelitian.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan, selama ini sekolah dalam menilai kinerjanya hanya menggunakan perspektif keuangan, dengan adanya metode balanced scorecard telah memberikan kontribusi yang baik bagi sekolah. Hal ini dibuktikan dari hasil pembahasaan, yaitu pada perspektif keuangan dengan indikator peningkatan pendapatan dikatakan baik sedangkan efisiensi biaya dikatakan cukup baik, perspektif pelanggan yang diukur dengan penerimaan siswa baru, prestasi akademik dan non akademik, tingkat kelulusan serta kepuasan pelanggan dikatakan baik, perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa sekolah sudah melakukan inovasi seperti dalam bidang sarana prasarana, kurikulum dan kesiswaan, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan indikator jumlah pendidikan dan pelatihan serta survei kepuasan karyawan menunjukkan kondisi kinerja sekolah yang baik karena dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawannya.
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode balanced scorecard dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Agar dapat diterapkan dengan baik pada sekolah maka diperlukan komitmen dan kerjasama dari semua pihak karyawan sekolah.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Perspektif Balanced Scorecard, dan Berbasis Sekolah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain