Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN ATMOSFER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFE OK GO KITCHEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dan atmosfer
mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh
keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
pelanggan cafe OK GO KITCHEN Sidoarjo.Teknik pengambilan
sampelmenggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh
sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif
secara langsung dari kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, atmosfer
berpengaruh langsung tehadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan terbukti
berpengaruh signifikan dan posotif terhadap keputusan pembelian, kualitas
layanan dan atmosfer terbukti signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini
menunjukan bahwa kepuasan pelanggan tidak memediasi pengaruh kualitas
layanan terhadap keputusan pembelian sedangkan kepuasan pelanggandapat
memediasi pengaruh atmosfer terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian ini
juga menjukkan besaran pengaruh tidak langsung kualitas layanan dan atmosfer
terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan lebih besar
dibandingkan besaran pengaruh langsung kualitas layanan dan lokasi terhadap
keputusan pembelian.
Kata kunci : kualitas layanan , atmosfer , kepuasan pelanggan dan keputusan
pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain