Text
PENGUKURAN DAN PENILAIAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT KERETA API INDONESIA (Persero) DAOP VIII GUBENG SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran dan penilaian kinerja perusahaan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya berdasarkan metode Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan. Melalui empat perspektif yaitu: Perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara survey langsung di lapangan, melakukan kuesioner, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian dengan mengaplikasikan metode Balanced Scorecard melalui empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran selama periode tahun 2014-2016. Adapun hasil dari perspektif keuangan mengunakan tolok ukur Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) menunjukkan keadaan yang fluktuatif. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil kepuasan pelanggan dengan nilai 3,8 yang termasuk dalam ketegori cukup puas. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang baik dalam proses inovasi dan proses operasi, sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dalam mempertahankan karyawannya, sedangkan karyawan yang mengikuti training menunjukkan kinerja yang baik karena mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Kata Kunci : Kartu Skor Berimbang, Pengukuran Kinerja, Kinerja Perusahaan, Perspektif Keuangan, Perspektif Non Keuangan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain