Text
PENGARUH INOVASI, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI
Perusahaan yang berkembang dalam era globalisasi dituntut untuk dapat bersaing dalam dunia usaha. Perkembangan ekonomi yang terus meningkat menyebabkan persaingan bisnis antar perusahaan semakin meningkat. Dengan tujuan perusahaan yang ingin memaksimumkan kekayaan atau nilai perusahaan maka perusahaan dituntut untuk terus berinovasi. Berdasarkan alasan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 13 perusahaan, periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2013-2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan tahunan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian dari penelitian ini dengan menggunakan uji kelayakan model menunjukkan model layak digunakan dalam penelitian lebih lanjut dengan tingkat signifikan 0,002 dan menggunakan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji t. Hasil Uji t penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Inovasi, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain