Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia).
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dan sampel yang digunakan berjumlah 24 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan tahunan selama periode 2013-2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 24.
Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan melalui uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi berganda memenuhi asumsi dan tidak terjadi adanya pelanggaran-pelanggaran. Berdasarkan uji kelayakan model yang terdiri dari uji koefisien determinasi simultan dan uji signifikan simultan menunjukkan bahwa model layak digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, kepemilikan manajerial secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, kepemilikan manajerial, dan nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain