Text
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI MEDIASI ORIENTASI PASAR (Studi pada SENTRA UKM DOLLY SURABAYA)
Kinerja bisnis adalah hubungan terbentuknya proses antara organisasi
dengan hasil kerja yang menghasilkan barang dan jasa melalui kinerja serta
mempunyai hubungan dengan tujuan organisasi, kepuasan konsumen, dan
memberikan kontribusi pada ekonomi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan
terhadap kinerja bisnis melalui orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM dan
UKM di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
Purposive Sampling, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
produsen UMKM dan UKM sebanyak 53 respondenyang memasarkan produknya
di Sentra UKM Dolly Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu SPSS 24.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel orentasi kewirausahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel orientasi pasar dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Namun, orientasi kewirausahaan berpengaruh tidak
signifikan terhadap kinerja bisnis dengan nilai signifikansi sebesar 0,269. Secara
tidak langsung orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan dan positif
terhadap orientasi pasar dan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja
bisnis dengan nilai R2 sebesar 0,334.
Kata kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Kinerja Bisnis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain