Text
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN HAMBATAN PERPINDAHAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIESIA YANG PERNAH MENGGUNAKAN LAYANAN XL)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan konsumen, kepercayaan pelanggan, dan hambatan perpindahan terhadap retensi pelanggan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada 100 responden, yaitu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang pernah menggunakan layanan XL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen, kepercayaan pelanggan, dan hambatan perpindahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan.
Kata kunci: kepuasan konsumen, kepercayaan pelanggan, hambatan
perpindahan, retensi pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain