Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL
Kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak merupakan faktor penting dalam peningkatan penerimaan pajak, maka perlu dikaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, diantaranya kualitas pelayanan, kewajiban moral serta adanya sanksi perpajakan . Tujuan dalam penelitian ini mengetahui kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel.
Populasi yang digunakan adalah wajib pajak hotel berbintang empat dan lima yang terdaftar di DISPENDA di Kota Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer (dari kuesioner).Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling, didapat sampel penelitian berjumlah 31 orang. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda .
Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak hotel.. Hasil ini didukung dengan peroleha koefisien determinasi sebesar 61,2% yang memperlihatkan kontribusi dari kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel adalah besar. Hasil pengujian secara parsial memperlihatkan masing-masing variabel kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak
Kata Kunci : kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain