Text
PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM PERUMUSAN STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada APARTEMEN BALE HINGGIL SURABAYA)
Perubahan lingkungan dan persaingan merupakan faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan strenghts, weakness, opportunities and threaths (SWOT). Analisis SWOT merupakan metode yang tepat untuk mengetahui dan mengevaluasi dalam perumusan strategi bersaing di perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik analisis interpreatif yaitu teknik pengolahan data dengan berdasarkan kata-kata atau kalimat dengan dasar teori-teori yang mendukung dan memilliki kaitan dengan permasalahan yang dibahas serta berfungsi sebagai penjelasan dari analisis. Hasilnya kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis SWOT yang terdiri dari identifikasi kekuatan dan kelemahan menggunakan matriks (Internal Factor Analysis Summary) IFAS serta identifikasi peluang dan ancaman menggunakan matriks (External Factor Analysis Summary) EFAS.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembang Apartemen Bale Hinggil Surabaya, strategi yang sesuai adalah ST (Strenght Threats Strategy) dan mengkombinasikannya dengan strategi diferensiasi, strategi kepemimpinan biaya rendah dan strategi fokus. Dimana pada strategi diferensiasi, pengembang membuat nuansa yang berbeda pada konsep bangunan. Pada strategi kepemimpinan biaya rendah menunjukan bahwa pengembang mampu bersaing harga dengan kompetitor lain dan tetap fokus pada segmentasi pasar yang dituju. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan perumusan strategi dapat disimpulkan bahwa kombinasi strategi tersebut berhasil membuat penjualan mengalami peningkatan di setiap bulannya dan pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Sehingga perusahaan dapat lebih unggul dalam persaingan usaha dengan menerapkan analisis SWOT.
Kata kunci:strenght,weaknes,opportunities,threats
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain