Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2016.
Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2016 dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan sektor industri barang konsumsi dengan jumlah pengamatan sebesar 90. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,043 yang artinya pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan belum mampu dalam memberikan konstribusi yang baik untuk perusahaan atau perusahaan belum dapat mengkomunikasikan tanggung jawab sosial secara tepat . Sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikan 0,035 terhadap nilai perusahaan, hal ini menunjukan bahwa tingginya tingkat profitabilitas yang diperoleh perusahaan akan mampu meningkatkan nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain