Text
PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN DAN KEANEKARAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG PADA RESTORAN DOREMI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman produk dan keanekaragaman produk yang dimediasi oleh kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap minat beli ulang.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen yang sudah pernah membeli di Resto Doremi Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, karena semakin tinggi tingkat penglaman konsumen dalam membeli, maka akan semakin meningkatkan minat pembelian kembali pada resto tersebut. Keanekaragaman produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, karena semakin tinggi tingkat keanekaragaman produk dalam membeli, maka akan konsumen akan merasa beragam saat memilih produk dan semakin meningkatkan minat pembelian kembali. Pengalaman konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang serta kepuasan konsumen yang menjadi variabel mediasi, karena pengalaman konsumen dalam membeli ulang dapat melalui kepuasan konsumen yang sudah terjadi dipembelian sebelumnya. Keanekaragaman produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dan kepuasan konsumen yang menjadi variabel mediasi, karena keanekaragaman produk dapat memenuhi keinginan setiap konsumen yang berbeda dan konsumen merasa puas sehingga menciptakan pembelian kembali pada resto tersebut.
Kata kunci: Pengalaman konsumen, keanekaragaman produk, kepuasan konsumen, minat beli ulang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain