Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Selama Periode 2012-2016)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR dan GCG terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampel jenuh dan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan tahunan selama periode 2012-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences).
Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan melalui uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi menunjukkan bahwa model regresi berganda telah memenuhi asumsi dan tidak terjadi adanya pelanggaran-pelanggaran. Berdasarkan uji kelayakan model dengan menggunakan uji koefisien determinasi dan uji signifikan simultan menunjukkan bahwa model layak digunakan untuk penelitian. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, GCG berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas memoderasi pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas memoderasi pengaruh GCG terhadap Nilai Perusahaan.
Kata Kunci : CSR, GCG, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain