Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. AROFAH MINA SURABAYA
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa dari seseorang sebagai hasil dari perbandingan tampilan jasa yang dirasakan dengan harapan orang tersebut sebelum memakai jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada PT. Arofah Mina Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa umroh pada PT. Arofah Mina Surabaya. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Arofah Mina Surabaya, Harga berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Arofah Mina Surabaya, Promosi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Arofah Mina Surabaya.
Bagi pihak PT. Arofah Mina Surabaya hendaknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan,strategi pemasaran yang tepat adalah harga yang kompetitif dan meningkatkan promosi sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain, sehingga hasil penelitian menjadi lebih relevan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain