Text
PENGARUH PROMOSI, STORE ATMOSPHERE, DAN HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Bisnis ritel pada saat ini bersaing dengan ketat. Omset penjualan yang didapat peritel dapat bersumber dari pembelian tidak terencana atau impulse buying. Impulse buying dapat terjadi akibat pengaruh stimulus di tempat belanja yang berupa rangsangan eksternal.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, store atmosphere dan hedonic shopping terhadap impulse buying. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Matahari Departemen Store Tunjungan Plaza Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Adapun teknik analisa menggunakan regresi linier berganda.
Hasil pengujian memperlihatkan promosi, store atmosphere dan hedonic shopping value secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulse buying. Hasil ini mengindikasikan model dalam penelitian layak digunakan sebagai prediktor impulse buying. Tingkat koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 58,3% menunjukkan hubungan antara variabel tersebut terhadap impulse buying pada Matahari Departement Store Tunjungan Plaza Surabaya sangat erat. Hasil pengujian secara parsial memperlihatkan bahwa variabel promosi, store atmosphere dan hedonic shopping value masing-masing berpengaruh positif sigifikan terhadap impulse buying. Kondisi ini tercermin dari hasil signifikansi masing-masing variabel tersebut kurang dari a sebesar 5%.
Kata Kunci : promosi, store atmosphere, hedonic shopping value dan impulse buying
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain