Text
PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Retrun On Equity (ROE), Ukuran Perusahaan, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dari laporan keuangan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016 dengan populasi 22 perusahaan. Melalui teknik metode purposive sampling diperoleh 12 perusahaan yang di teliti. Metode analisis yang digunakan adalah analisis liniear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel retrun on equity (ROE), ukuran perusahaan, dan struktur modal sebesar 60,8% sedangkan sisanya 39,2% dijelakan oleh variabel lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa retrun on equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan dan debt to equity ratio (DER) tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Retrun On Equity (ROE), Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain