Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE DI PANDAAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Pandaan
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah memakai jasa pengiriman di JNE di Pandaan, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,345 dan tingkat signifikasi 0,000 dan variabel harga juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,273 dan tingkat signifikasi 0,000.
Sedangkan uji kelayakan model menggunakan Koefisien determinasi (R²) dengan nilai R Square sebesar 0,723 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas yang terdiri dari kualitas layanan dan harga terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan adalah sebesar 72.3% sedangkan 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata kunci : Kualitas Layanan, harga, dan kepuasan pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain