Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, struktur modal terhadap nilai perusahaan, leverage terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diproksikan dengan PBV (Price Book Value).
Populasi dalam penelitian ini berupa perusahaan manufaktur sektor Automotive and Components yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu maka diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Berdasarkan hasil dari uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokolerasi menyatakan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini tidak melanggar syarat yang ditentukan. Sedangkan hasil uji kelayakan model melalui uji F dan uji koefisien determinasi (R2) menyatakan model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak untuk digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (Size) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal (DER) berpengaruh positif dan signifikan, leverage (DAR) berpengaruh negatif dan signifikan, dan profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : ukuran perusahaan, struktur modal, leverage, profitabilitas, nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain