Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MESPRO DIGITAL PRINTING SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan Mespro Digital Printing. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Mespro Digital Printing yang berlokasi di Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil jawaban kuesioner yang merupakan persepsi responden terhadap kualitas pelayanan, kepercayaan, dan citra perusahaan, dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada Mespro Digital Printing. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengujian secara parsial masing-masing variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan melalui uji koefisien determinasi parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini mendukung teori Parasuraman (2011), Kotler dan Keller (2016), dan Dewney (2011), serta hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Rasyid (2014) dan Riskayanti (2016) yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Loyalitas Pelanggan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain