Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CSR terhadap Nilai
Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Objek dalam
penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) selama periode 2013-2016. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini sebanyak 12 perusahaan pertambangan. Metode pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan.
Metode analisis yang digunalan adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu
aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan
Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi mampu memoderasi Corporate Social
Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Adanya informasi tanggungjawab sosial
akan memberikan kepercayaan terhadap calon investor bahwa kondisi perusahaan
dalam keadaan baik yang mengakibatkan harga saham dan nilai perusahaan
meningkat, semakin tinggi laba yang diperoleh perusahaan, maka semakin tinggi
pula informasi tanggungjawab sosial perusahaan.
Kata Kunci : CSR, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain