Text
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia)
ABSTRAK
Dalam menjaga eksistensinya, perusahaan tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya. Ada hubungan resiprocal (timbal balik) antara perusahaan dengan masyarakat. Perusahaan dan masyarakat adalah pasangan hidup yang saling memberi dan membutuhkan. Dua aspek penting yang harus diperhatikan agar tercipta kondisi sinergis antara keduanya. Kesadaran suatu perusahaan atau institusi untuk tidak hanya menghasilkan keuntungan maksimal, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat menjadikan tanggung jawab sosial semakin penting bagi dunia bisnis. Corporate social responsibility merupakan tuntutan bagi perusahaan agar tidak beroperasi hanya untuk kepentingan para pemegang saham, tetapi juga untuk kepentingan stakeholders.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-
2017, dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar -3,538 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti kinerja keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya, semakin besar kinerja keuangan, maka nilai perusahaan akan menurun. Dan hipotesis kedua dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui nilai thitung sebesar -5,211 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kinerja keuangan (ROA) dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi memperlemah kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: kinerja keuangan, nilai perusahaan, corporate social responsibility
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain