Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE RAMPOK PONDOK JATI SIDOARJO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas layanan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Mie Rampok Pondok Jati Sidoarjo.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode kausal komparatif yaitu jenis penelitian dengan karakteristik masalah berupa sebab-akibat antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menjadi pelanggan di Mie Rampok Pondok Jati Sidoarjo yang jumlahnya 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidenial Sampling, yaitu teknik penentuan sampel bedasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tangibles, Assurance, dan Empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel Reliability dan Responsiveness berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Mie Rampok Pondok Jati Sidoarjo.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Dan Kepuasan Konsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain