Text
PENGARUH HARGA DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung yang signifikan antara harga dan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan secara langsung, serta pengaruh harga dan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung melalui keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 99 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh signifikan dan bernilai positif, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai secara langsung sebesar 0.312 dan secara tidak langsung sebesar 0.095. pengaruh experiential marketing secara langsung tidak signifikan dan bernilai negatif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sebesar -0.140, namun berpengaruh signifikan dan bernilai positif secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0.251.
Besar total pengaruh secara keseluruhan yang diketahui dari hasil uji path analysis sebesar 0.518 atau 51.8%, sedangkan 48.2% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Harga, Experiential Marketing, Keputusan Pembelian, Loyalitas
Pelangan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain