Text
PENGARUH HARGA, BRAND AMBASSADOR, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat seseorang mudah untuk berinteaksi dengan orang lain. Kemunculan smartphone merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang sangat cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, brand ambassador, kesadaran merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian Smartphone VIVO pada Mahasiswa STIESIA Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengujain secara parsial menunjukkan bahwa harga, berpengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian Smartphone VIVO karena harga produk Smartphone VIVO dapat menunjukkan kualitas merek dari suatu kualitas produk, sehingga dengan penetapan harga yang tepat, mampu mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian, karena dengan adanya brand ambassador dapat memudahkan perusahaan dalam mengenalkan produk-produk yang akan dijual, sehingga akan mampu mempengaruhi konsumen dalam menumbuhkan keputusan pembelian. Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian karena kesadaran merek akan mempengaruhi rasa percaya diri konsumen atas keputusan pembelian atas suatu merek produk dengan mengingat suatu produk Smartphone VIVO. Loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian.karena dengan tingkat loyalitas merek yang tinggi dapat menciptakan rasa percaya diri yang besar pada konsumen saat mengambil keputusan pembelian produk smarphone VIVO, konsumen merasa memiliki ikatan dengan merek tersebut, sehingga kosumen memiliki keyakinan yang besar bahwa keputusannya membeli merek tersebut adalah tepat.
Kata Kunci: Harga, Brand Ambassador, Kedasaran Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain