Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN DAN SANKSI WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PELAPORAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA KREMBANGAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, pemahaman, sanksi wajib pajak terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Krembangan.
Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan accinedtal sampling pada wajib pajak orang pribadi yang telah terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Krembangan dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 70 responden.Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, pemahaman, dan sanksi wajib pajak, sedangkan variabel independennya adalah kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Pemahaman dan Sanksi wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Pelaporan wajib pajak orang pribadi.Tingkat signifikansi Kualitas Pelayanansebesar 0,001 tingkat signifikansi Pemahaman sebesar0,012 dan tingkat signifikansi Sanksi wajib pajak sebesar 0,011.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pemahaman, Sanksi Pajak Wajib dan Kepatuhan Pelaporan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain