Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI USAHA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Happy Puppy Mayjend Sungkono Surabaya)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi usaha terhadap loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen tidak terbentuk dalam waktu singkat, tetapi melalui proses pembelajaran dan berdasarkan hasil pengalaman konsumen itu sendiri, baik dari pembelian maupun pelayanan yang didapat setelah menggunakan barang atau jasa dalam waktu yang panjang atau lama. Loyalitas merupakan kesetiaan seseorang terhadap obyek.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Obyek penelitian yaitu Karaoke Happy Puppy Mayjend Sungkono di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang datang langsung ke Happy Puppy Mayjend Sungkono Surabya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian ini adalah pelanggan yang datang langsung ke Happy Puppy sebanyak 98 orang yang kebetuulan ditemui di Karaoke Happy Puppy Mayjend Sungkono Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 20.
Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan melalui normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas menyatakan bahwa semua variabel yang digunakan tidak melanggar syarat yang ditentukan. Sedangkan menurut hasil uji kelayakan model, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci :Kualitas pelayanan, lokasi usaha dan loyalitas Konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain