Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN TRAVEL PANCA INDRA ABADI SENTOSA DI SIDOARJO
INTISARI
Persaingan yang semakin ketat dalam usaha travel menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja pelayanan agar dapat bersaing di pasar. Travel harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui pelayanan yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan travel pada Panca Indra Abadi Sentosa di Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode statistik deskriptif dan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dengan jumlah sampel 100 orang responden yaitu konsumen yang pernah menggunakan jasa travel Panca Indra Abadi Sentosa di Sidoarjo lebih dari satu kali. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji kelayakan model diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan menunjukkan bahwa model layak, sedangkan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan travel pada Panca Indra Abadi Sentosa di Sidoarjo.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, harga, citra perusahaan, kepuasan pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain