Text
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL SANTIKA PREMIERE GUBENG SURABAYA
INTISARI
Loyalitas pelanggan merupakan hal penting bagi setiap perusahaan. Untuk menciptakan pelanggan yang loyal salah satunya dengan cara meningkatkan program customer relationship management dan menjaga kepuasan pelanggan sehingga pelanggan akan melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan produk atau jasa suatu perusahaan kepada orang lain. Loyalitas pelanggan sangat menentukan umur panjang sebuah bisnis.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan pasar dalam bisnis hotel di Surabaya dimana hotel tumbuh sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Populasi penelitian ini adalah VIP Guest Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya dengan jumlah responden sejumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa customer relationship management dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.
Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), Kepuasan pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Hotel
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain