Text
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SAKINAH SUPERMARKET SURABAYA
ABSTRAK
Perusahaan harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan
dan keinginan pelanggannya. Sebuah perusahaan dikatakan berhasil menjalankan
fungsinya apabila mampu menjual produknya pada konsumen dan memperoleh
profit semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dari variabel independen: harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap variabel
dependen kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Sakinah Supermarket yang jumlah populasinya tidak diketahui secara pasti, dan
penelitian ini teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 responden
dengan periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2018. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan
kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian dari penelitian ini dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa
variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan dengan menggunakan uji kelayakan
model menunjukkan hasil model layak digunakan untuk dilakukan penelitian
lebih lanjut.
Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain