Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENGIRIMAN BARANG “J&T” DI SURABAYA (RUKO KARTIKA KEBRAON)
ABSTRAK
Kualitas layanan, harga dan word of mouth merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan pengguna jasa. Apabila layanan, harga dan word of mouth yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan, maka dapat dikatakan baik dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian jasa pengiriman barang pada J&T Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian di J&T Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan penentuan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan Aplikasi SPSS versi 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena semakin baik kualitas layanan yang di berikan, maka semakin cepat pula pengguna jasa dalam keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena semakin harga terjangkau dan kualitas yang sesuai manfaat maka semakin cepat pengguna jasa dalam keputusan pembelian Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta berpengaruh dominan karena semakin banyak informasi-informasi positif melalui word of mouth yang diterima pengguna jasa dan digunakan dalam kegiatan pemasaran, maka semakin cepat pula dalam keputusan pembelian
Kata Kunci: kualitas layanan, harga, word of mouth dan keputusan pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain