Text
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA IDJEN PREMIER SPORTS CLUB DI MALANG
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan serta pengaruh tidak langsung promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel antara dan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel antara. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis), uji F, uji t dan uji sobel. Adapun teknik pengambilan sampel pada peneitian ini adalah non probability sampling sebesar 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan sigifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu ada pengaruh tidak langsung antara promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan ada pengaruh tidak langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : promosi penjualan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
TMM-19008 | MM19/008 Mil p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain