Text
PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN HYPERMART CABANG LIPPO PLAZA SIDOARJO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonik, harga, dan kualitas produk terhadap impulse buying konsumen Hypermart cabang Lippo Plaza Sidoarjo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian di Hypermart cabang Lippo Plaza Sidoarjo.
Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan penentuan sampling menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belanja hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadapimpulse buying karena semakin tinggi motivasi belanja hedonik pada diri konsumen, maka semakin besar konsumen berpeluang melakukan impulse buying. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying karena dengan penetapan harga yang sesuai dengan kualitas dan manfaat produk yang ditawarkan mampu memberikan orientasi yang baik kepada konsumen sehingga dapat dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan impulse buying. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying karena dengan banyaknya produk yang bervariasi dan berkualitas yang ditawarkan, maka besar peluang konsumen untuk melakukan impulse buying.
Kata Kunci : motivasi belanja hedonik, harga, kualitas produk, dan impulse buying
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain