Text
PENGARUH EARNING ABILITY, LEVERAGE DAN GROWTH TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh earning ability, leverage, dan growth terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur melalui laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 yang diambil secara purposive samplingberdasarkan kriteria yang ditentukan, maka jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 33 perusahaan dengan 165 firm year memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian dengan analisis regresi berganda dengan alat bantu ukur aplikasi SPSS versi 24 (Statistical Product and Service Solutions). Sumber data dalam penelitian ini melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel earning ability berpengaruh negatif terhadap corporate social responsibility, artinya semakin besar nilai earning ability tidak membuat pengungkapan CSR semakin tinggi. Variabel leverage tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility, dengan ini menunjukkan pengungkapan corporate social responsibility tidak dipengaruhi besar kecilnya leverage.Variabel growth tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility, artinya semakin besar nilai growth tidak membuat pengungkapan CSR semakin tinggi.
Kata Kunci: Earning Ability, Leverage, Growth, Corporate Social Responsibility
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain