Text
PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR OTOMOTIF TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2015-2017)
Dalam agency theory, masalah keagenan muncul karena adanya perilaku oportunistik dari agent dengan memaksimumkan kesejahteraannya sendiri yang berlawanan dengan principal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015 sampai dengan 2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 12 perusahaan manufaktur otomotif dengan 36 firm year yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 16.
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikasnsi 5% maka penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). asimetri informasi berpengaruh terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 diterima dengan nilai t hitung sebesar 2,844 menunjukkan arah positif, (2). ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikansi sebesar 0,022 diterima dengan nilai t hitung sebesar 2,406 menunjukkan arah positif, (3). profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 diterima dengan nilai t hitung sebesar 2,682 menunjukkan arah positif.
Kata kunci: Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Manajemen Laba
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain