Text
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS: PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI)
ABSTRAK
Pemegang saham atau investor dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan mengharapkan kinerja perusahaan lebih terjamin yang dapat dilihat dari sumber daya manusia, tingkat hutang, tingkat profit maupun dari ukuran perusahaan, sehingga menghasilkan keuntungan yang kompetitif bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh intellectual capital (VAIC), leverage (DAR), profitabilitas (ROE) dan ukuran perusahaan (Size) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2013 hingaa 2017.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, sehingga data yang digunakan 11 perusahaan perusahaan pada sektor food and beverage sebagai populasi penelitian dan menggunakan metode analisis data dengan alat bantu aplikasi SPSS 23 untuk menganalisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel intellectual capital (VAIC), leverage (DAR), profitabilitas (ROE) dan ukuran perusahaan (Size) sebesar 87,5% sedangkan sisanya sebesar 12,5% dijelaskan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan adalah intellectual capital (VAIC), sedangkan yang berpengaruh signifikan adalah leverage (DAR), profitabilitas (ROE) dan ukuran perusahaan (Size) terhadap nilai perusahaan (PBV).
Kata kunci : intellectual capital (VAIC), leverage (DAR), profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan (Size) dan nilai perusahaan (PBV).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain