Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia)
ABSTRAK
Corporate Social Responsibility merupakan suatu tanggungjawab dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan perusahaan agar seimbang dalam lingkungan,sosial maupun ekonomi untuk kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Populasi penelitian adalah 10 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2015-2017 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu memilih sampel berdasarkan kriteria tertentu sesuai yang dikehendaki peneliti, sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 30 sampel dari pengamatan selama 3 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Metode analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Corporate Social Responsibility.
SA0013 | A19/0013 Del p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain