Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris tentang pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan leverage terhadap earning response coefficient (ERC). Earning Response Coefficient adalah koefisien yang menunjukkan besarnya respon akibat dari informasi laba perusahaan yang diumumkan ke pasar. Respon tersebut mencerminkan kualitas laba yang dilaporkan oleh perusahaan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2017. Metode purposive sampling adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang diperoleh adalah 39 perusahaan atau 156 firm years. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (www.idx.com) dan (www.finance.yahoo.com). Teknik analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap ERC. (2) leverage tidak berpengaruh terhadap ERC. (5) Variabel kontrol PBV berpengaruh negatif terhadap ERC. (4) Variabel kontrol ROA tidak berpengaruh terhadap ERC.
Kata kunci: corporate social responsibility, leverage, earning response coefficient, return on asset, price to book value
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain