Text
PENGARUH MANAJEMEN RISIKO, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
ABSTRAK
Nilai perusahaan dapat dikatakan sebagai nilai pasar karena nilai perusahaan mencerminkan harga saham dan kemakmuran investor secara maksimal. Apabila harga saham perusahaan mengalami kenaikan yang stabil maka nilai perusahaan juga semakin baik dalam penilaian pihak eksternal perusahaan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan investasi berdasarkan laporan keuangan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh manajemen risiko, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh data yang diamati sebanyak 54 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen risiko berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan hal tersebut dikarenakan apabila perusahaan mengelola atau mencegah risiko maka manajemen dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan hal tersebut karena kinerja perusahaan yang baik dalam menginvestasikan laba perusahaan dalam bentuk aktiva yang dimiliki perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan hal tersebut disebabkan karena semakin tinggi pertumbuhan penjualan maka equity semakin naik dan total aktiva mengalami kenaikan.
Kata kunci: manajemen risiko, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain