Text
ANALISIS KINERJA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KEBUPATEN KEDIRI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PDAM Kabupaten Kediri yang beralamatkan di jalan Panglima Polim No. 7 kabupaten pare yang diukur dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan menghubungkan dengan kesesuaian SOP yang telah ditetapkan untuk PDAM Kabupaten Kediri. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan menghubungkannya dengan SOP yang berlaku. Hasil survey yang dilakukan pada penelitian di PDAM Kabupaten Kediri tentang pengukuran kinerja yang dinilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh hasil masing-masing indikator yaitu (1) prosedur pelayanan, (2) persyaratan pelayanan, (3) kejelasan petugas pelayanan, (4) kedisiplinan petugas pelayanan, (5) tanggung jawab petugas pelayanan, (6) kemampuan petugas pelayanan, (7) kecepatan pelayanan, (8) keadilan mendapat pelayanan, (9) kesopanan dan keramahan petugas, (10) kewajaran biaya pelayanan, (11) kepastian biaya pelayanan, (12) kepastian jadwal pelayanan, (13) kenyamanan pelayanan, (14) keamanan pelayanan berada pada posisi baik dan diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 3,04164 dan nilai IKM setelah dikonversi 3,04164 x 25 = 74,041 yang berarti kinerja unit pelayanan baik.
Kata kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pengukuran Kinerja, Standar Operasional Prosedur (SOP)
1S121495 | A-12/495 Alf a c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain