Text
PERAN AKUNTANSI DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERMANCE (STUDI PADA DINAS TENAGA KERJA KOTA SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akuntansi dalam mewujudkan good governance dan hambatan yang terjadi pada Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya. Prinsip yang digunakan pada penelitian ini dalam mewujudkan good governance adalah akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, efesiensi dan efektifitas, dan visi yang strategis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder dan primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa akuntansi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan good governance. Peranan akuntansi dalam mewujudkan akuntabilitas, yaitu membantu meningkatkan kinerja dan pertanggungjawaban kegiatan dengan menyusun laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Dalam mewujudkan transparansi, akuntansi dapat menjamin keakuratan dan keandalan informasi yang akan disebarkan, sedangkan dalam mewujudkan responsibilitas, akuntansi membantu mempertanggungjawabkan penggunaan dana pendapatan dan belanja daerah dengan menyusun laporan keuangan. Peran akuntansi dalam mewujudkan efesiensi dan efektifitas adalah dengan membantu mengolah dana pendapatan dan belanja daerah agar tugas dan wewenang terlaksana dengan optimal. Pada visi yang strategis, akuntansi berperan membantu menyusun rencana kerja yang optimal dengan mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan. Hambatan akuntansi dalam mewujudkan good governance tidak signifikan karena dalam menjalankan tugas telah didukung oleh fasilitas dan teknologi yang menunjang
SA-19019 | A19/019 Muc p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain