Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN MANAJERIAL KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social
Responsibility(CSR), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, terhadap
profitabiloitas perusahaan dengan indikator return on asset(ROA).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan
consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai 2017.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berbasis teknik yang
didasarkan pada kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 20 sampel
slama 5 periode maka sampel akhir pada penelitian ini adalah 100 pengamatan.
Hasil dari uji statistik yang dilakukan pada penelitian ini adalah: (1)
Corporate Social Responsibility(CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
profitabilitas perusahaan, dengan demikian pengungkapan corporate social
responsibility (CSR) merupakan suatu pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh
investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi, karena didalam pengungkapan
corporate social responsibility(CSR) terdapat informasi sosial yang telah dilakukan
perusahaan yang mampu meningkatkan image perusahaan sehingga dapat
meningkatkan kepercayaan terhadap masyarakat yang akan berdampak terhadap
peningkatan profitabilitas perusahaan, (2) kepemilikan manajerial berpengaruh
positif dan signifikan pada profitabilitas perusahaan. (3) kepemilikan institusional
berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Dengan
demikian adanya pengawasan oleh pihak manajemen dan institusi dapat
meningkatkan kinerja suatu perusahaan sehingga mampu meningkatkan
profitabilitas perusahaan.
SA-19022 | A19/022 Jah p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain