Text
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE DI BEI)
Nilai Perusahaan dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan manajemen
perusahaan atas prospek kinerja perusahaan dimasa mendatang sehingga dapat
mewujudkan kepercayaan bagi pemegang saham perusahaan, karena apabila
kesejahteraan pemegang saham sudah mampu terpenuhi ,maka sudah pasti
keadaan tersebut mencerminkan bahwa nilai perusahaan juga tinggi. Nilai
perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu struktur
modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan
terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan.
Penelitian ini menggunakan populasi terhadap perusahaan food and
beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini
menetapkan dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang
diperoleh sebanyak 10 perusahaan dan 30 sampel, penelitian ini menggunakan
teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif
terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (DER), profitabilitas
berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan
(ROA), ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan diukur
dengan menggunakan (SIZE). Perusahaan sebaiknya memerhatikan struktur
modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan sehingga dapat meningkatkan harga
saham dan berdampak pada nilai perusahaan dimata investor.
SA-19049 | A19/049 Dia p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain