Text
ANALISIS KEPATUHAN TERHADAP STANDAR PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KOTA DISPENDUKCAPIL SURABAYA
Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya beralamatkan di Jalan Tunjungan No. 1-3 Surabaya dengan periode penelitian tahun 2017 sampai tahun 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan standar pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan.
Standar pelayanan publik merupakan tolak ukur dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan guna menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan sesuai dengan aturan tertulis yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya berada pada tingkat kepatuhan tinggi dengan perolehan nilai sebesar 94,5 terhadap standar pelayanan publik sesui dengan indikator penilaian yang ada pada Peraturan Ombusdman Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Namun masih terdapat indikator standar pelayanan publik yang belum terpenuhi seperti ketersediaan informasi mengenai biaya atau tarif pelayanan yang terpampang diruang pelayanan, ketersediaan informasi mengenai prosedur dan tata cara penyampaian pengaduan secara jelas kepada masyarakat, dan tidak tersedianya sarana pengukuran kepuasan pelanggan diruang pelayanan.
SA-19056 | A19/056 Nur a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain