Text
PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG PENERAPAN PP NOMOR 23 TAHUN 2018, PERUBAHAN TARIF DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi perpajakan, persepsi wajib pajak tentang penerapan PP Nomor 23 tahun 2018, perubahan tarif dan juga pemahaman perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Pabean Cantikan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling, Penentuan sampel menggunakan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 96 responden dan yang dapat digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan progam SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM dengan koefisien regresi sebesar 0,013 dan tingkat signifikan sebesar 0,789. Persepsi wajib pajak tentang penerapan PP Nomor 23 tahun 2018 berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM dengan koefisien regresi sebesar 0,274 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Perubahan tarif berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM dengan koefisien regresi sebesar 0,136 dan tingkat sigifikansi sebesar 0,031. Pemahaman perpajakan tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM dengan koefisien regresi sebesar 0,097 dan tingkat signifikansi sebesar 0,135.
SA-19102 | A19/102 Fat p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain