Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI 2015- 2017
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan consumer goods yang terdaftar d Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian sebanyak 31 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan total pengamatan sebanyak 93 pengamatan. Corporate Social Responsibility dalam penelitian ini dinilai dengan 78 item informasi pengungkapan corporate social responsibility yang terbagi ke dalam tujuh kategori yaitu: lngkungan, energi, kesehatan, dan keselamatan kerja, produk, keterlibatan masyarakat, dan umum yang diungkapkan dalam laporan tahunan. Dalam penelitian menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05. Sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR
SA-19105 | A19/105 Ari p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain