Text
PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel yang digunakan sebanyak 111 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukomanunggal Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti yang cocok sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan sanksi perpajakan tidak berpengaruh. Nilai R square dapat menjelaskan variabel kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kemauan membayar pajak sebesar 33%, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Sanksi perpajakan dan kemauan membayar pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Nilai R square dapat menjelaskan variabel sanksi perpajakan dan kemauan membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 47,8% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Kemauan membayar pajak tidak memiliki peran mediasi dalam hubungan antara sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak.
SA-19132 | A19/132 Wah p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain