Text
PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERATING
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai
variabel pemoderating. Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan diukur
dengan pendekatan dikotomi dari setiap pengungkapannya, sedangkan variabel
nilai perusahaan diukur menggunakan Tobins Q, dan kinerja keuangan diukur
menggunakan rasio Return on Assets (ROA).
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan sampel dalam
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan
sampel sebanyak 17 perusahaan dan 51 sampel observasi perusahaan sektor
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode
2015-2017.
Berdasarkan hasil uji goodness of fit menunjukkan bahwa model regresi
layak digunakan untuk mengukur pengaruh Corporate Social Responsibility
(CSR) terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Dengan uji koefisien
determinasi (R2) sebesar 30,9% angka ini mempunyai kontribasi cukup sedangkan
69,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk pengujian hipotesis secara parsial
dihasilkan bahwa variabel nilai uji t < 0,05 maka sebesar 0,040 variabel CSR
berpengaruh positif terhadap ROA, lalu variabel CSR sebesar 0,044 dan ROA
sebesar 0,010 berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, serta
variabel ROA berhasil memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan
dengan tingkat signifkansi sebesar 0,007.
SA-19177 | A19/177 Rat p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain