Text
"PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)"
Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah untuk mencapai kemakmuran pemegang saham. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan (SIZE), leverage (DER), dan kepustusan investasi (CAPBVA) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2018.
Teknik pengambilan sampel dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan populasi data penelitian sebanyak 18 perusahaan pada sektor retail dengan total pengamatan sebanyak 72 observasi. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu teknik dokumentasi, studi dokumen, dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan sumber data sekunder yang diolah dengan alat bantu SPSS 23 untuk melakukan uji analisis regresi linier berganda.
Hasil uji dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel ukuran perusahaan (SIZE), leverage (DER), dan keputusan investasi (CAPBVA) sebesar 57,6% sedangkan 42,4% dijelaskan oleh variabel lain. Ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,813. Sehingga hipotesis petama ditolak. Leverage (DER) dan keputusan investasi (CAPBVA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan masing-masing nilai signifikansi sebesar 0,018 dan 0,020, sehingga hipotesis kedua dan ketiga dalam penelitian ini diterima.
SA-20016 | A20/016 Mfi p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain