Text
"PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)"
Corporate Social Responsibility merupakan suatu konsep yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, likuiditas dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ruang lingkup dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2018.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 210 sampel perusahaan selama 3 tahun. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, variabel leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, variabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan variabel kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional.
SA-20045 | A20/045 Del p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain